|
LAPORAN
PROGRAM
INDUKSI GURU PEMULA
Disusun Oleh
:
NAMA
|
:
|
SITI PURWANTI, S.Pd
|
NIP
|
:
| |
Unit
Kerja
|
:
|
UPTD
SPF SD Negeri Karangjati 02
Korwilcam
Bidang Pendidikan Kecamatan Bergas
|
DINAS
PENDIDIKAN KEBUDAYAAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
KABUPATEN
SEMARANG
2020
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa penulis
ucapkan atas kehadirat Tuhan Yang Esa yang telah melimpahkan kasih dan
karunianya sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik.
Laporan ini diharapkan mampu memberikan
motivasi bagi guru yang dinilai dan bisa dijadikan refleksi dalam pembelajaran
serta guru tersebut dapat menjadi pribadi yang lebih profesional lagi sesuai
tugas pokok dan fungsinya.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam
penyusunan laporan ini, khususnya kepada:
1.
Noor Komariyanta, S.Pd., M.Pd selaku Ketua
Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Bergas.
2.
Drs. Karyoto selaku Pengawas TK/SD Korwilcam
Bidang Pendidikan Kecamatan Bergas.
3.
Sri Widayanti, S.Pd selaku Pengawas TK/SD Korwilcam
Bidang Pendidikan Kecamatan Bergas.
4.
Susiyanto, S.Pd selaku Kepala SDN Karangjati
02 Kecamatan Bergas
5.
Segenap rekan di SD Negeri Karangjati 02 Kecamatan
Bergas.
Akhir kata, penulis mohon maaf
apabila ada kesalahan dalam penyusunan laporan ini. Terima kasih
Bergas, 1 Februari 2020
Penyusun
Siti
Nurwanti, S.Pd
NIP
19910818 201902 2 001
DAFTAR
ISI
Halaman Judul ……………………………………………………………
|
i
|
|
Kata Pengantar ……………………………………………………………
|
ii
|
|
Daftar Isi ………………………………………………………………….
|
iii
|
|
Daftar Lampiran ………………………………………………………….
|
iv
|
|
BAB
I
|
Data Sekolah …………………………………………..……
|
1
|
A.
Identitas Sekolah ……………………………………….
|
1
|
|
B.
Waktu Pelaksanaan Program Induksi ………………….
|
1
|
|
BAB II
|
Data Guru Pemula Peserta Program
Induksi ………………..
|
3
|
BAB III
|
Deskripsi Pelaksanaan Pembimbingan
oleh Pembimbing …..
|
4
|
BAB IV
|
Deskripsi pelaksanaan pembimbingan oleh Kepala Sekolah
dan Pengawas Sekolah
………………………………………
|
9
|
BAB V
|
Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula
……………………….
|
13
|
BAB VI
|
Penutup
………………………………………………………
|
14
|
Lampiran-lampiran
……………………………………………………….
|
15
|
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1
|
Rekapitulasi Hasil Penilaian
|
Lampiran 2
|
Laporan Keberhasilan Guru Pemula dalam Program Induksi
Guru Pemula
|
Lampiran 3
|
Catatan dan Rekomendasi dari Guru Pembimbing
|
Lampiran 4
|
Catatan dan Rekomendasi dari Kepala Sekolah
|
Lampiran 5
|
Hasil Penilaian Tahap 1 oleh Guru Pembimbing
|
Lampiran 6
|
Hasil Penilaian Tahap 2 oleh Kepala Sekolah
|
Lampiran 7
|
Hasil Penilaian Tahap 2 oleh Pengawas sekolah
|
Lampiran 8
|
Sertifikat Program Induksi Guru Pemula
|
Lampiran 9
|
Silabus
|
Lampiran 10
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Lampiran 11
|
Dokumentasi
|
BAB
I
DATA SEKOLAH
A. Identitas
Sekolah
Nama Sekolah
|
:
|
SD Negeri Karangjati 02
|
NSS/NPSN
|
:
|
101032213066 / 20320718
|
Status Sekolah
|
:
|
Negeri
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl Merak
No. 07 Karangjati
|
Kecamatan
|
:
|
Bergas
|
Kabupaten/Kota
|
:
|
Kab. Semarang
|
Provinsi
|
:
|
Jawa Tengah
|
Nama Kep.Sekolah
|
:
|
Susiyanto,S.Pd.SD
|
B. Waktu
Pelaksanaan Program Induksi
No.
|
Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Hasil yang diharapkan
|
Waktu
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
Persiapan
|
Pengkajian Dokumen
|
Guru pemula
|
Tersedianya seluruh dokumen yang dibutuhkan
|
Bulan ke-1
|
2
|
Perencanaan
|
·
Menyusun perancangan
pelaporan PIGP
·
Menyimak informasi
Penyusunan Laporan PIGP
·
Menganalisis data kinerja
guru pemula
·
Praktik merekap instrumen
guru mapel/kelas
·
Berlatih menyusun
Laporan PIGP.
·
Merefleksikan hasil latihan
|
Guru pemula
|
Memastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan
Sudah tersedia
|
Bulan ke-1
|
3
|
Pembimbingan
|
- Memotivasi
guru pemula dalam memahami teknik penyusunan laporan guru pemula
|
Guru pemula terbimbing dalam memahami teknik penyusunan
laporan guru pemula
|
Bulan
Ke 02 -15
|
|
4
|
Penilaian tahap 1
|
- Memberikan
arahan pada guru pemula dalam memahami teknik penilaian kinerja guru
|
Guru pemula
|
Guru pemula termotivasi dalam menghadapi penilaian kinerja guru pemula
|
Bulan
Ke 02 -15
|
5
|
Penilaian tahap 2
|
- Memberikan
arahan pada guru pemula dalam memahami teknik penilaian kinerja guru minimal
baik
|
Guru pemula
|
Guru pemula termotivasi dalam menghadapi penilaian kinerja guru pemula.
Guru pemula memperoleh nilai baik
|
Bulan
Ke 10-15
|
6
|
Pelaporan
|
- Membuat
draf laporan
- keputusan
- pengajuan
sertifikat
|
Guru pemula
|
Guru pemula memperoleh sertifikat PIGP
|
Bulan
Ke-11
|
BAB
II
DATA GURU PEMULA PESERTA PROGRAM INDUKSI
A. Identitas
Guru Pemula
Nama Guru
|
:
|
Siti
Nurwanti, S.Pd
|
NIP
|
:
|
|
Tempat/Tgl Lahir
|
:
|
Temanggung, 18 Agustus 2019
|
Pendidikan terakhir
Program/Jurusan
Perguruan Tinggi
|
:
:
:
|
S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Terbuka Semarang
|
Status Pegawai
|
:
|
CPNS
|
Golongan
|
:
|
III/a
|
Guru Kelas/Mapel
|
:
|
Guru Kelas III
|
B. Identitas Pembimbing
Nama Guru
|
:
|
Fajar
Kurnianingsih, S.Pd
|
NIP
|
:
|
|
Tempat/Tgl Lahir
|
:
|
Kab. Semarang, 18 November 1969
|
Pendidikan terakhir
Program/Jurusan
Perguruan Tinggi
|
:
:
:
|
S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Terbuka Semarang
|
Status Pegawai
|
:
|
PNS
|
Golongan
|
:
|
III/c
|
Guru Kelas/Mapel
|
:
|
Guru Kelas VI
|
BAB
III
PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN OLEH PEMBIMBING
A.
Tahap Persiapan Pembimbingan
Pembimbinganguru pemula
meliputi bimbingan perencanaanpembelajaran, pelaksanaan kegiatan
pembelajaran,
penilaian
dan
evaluasi
hasil pembelajaran, perbaikan
dan pengayaan dengan
memanfaatkan
hasil penilaian
dan
evaluasi
pembelajaran dan
pelaksanaan
tugas
lain yang relevan. Untuk kelancaran pembimbingan tahap 1,
pembimbing mempersiapkan dokumen–dokumen yang mendukung dalam tahap
pembimbingan PIGP. Dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan meliputi:
1.
Silabus
2.
RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3.
Program
Tahunan
4.
Program
Semester
5.
Pelaksanaan
proses pembelajaran
6.
Penilaian
hasil pembelajaran
7.
Pengawasan
proses pembelajaran
B.
Tahap Proses Pembimbingan
Pembimbingan
guru
pemula meliputi
bimbingan
dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
kegiatan pembelajaran, penilaian dan evaluasi hasil
pembelajaran, perbaikan
dan pengayaan dengan
memanfaatkan
hasil penilaian
dan
evaluasi
pembelajaran,dan
pelaksanaan
tugas
lain yang relevan. Pembimbingan terdiri atas pembimbingan yang dilaksanakan pada Penilaian Tahap 1 dan
Tahap 2.
C.
Pembimbingan Tahap 1
Pembimbingan tahap 1 pada dasarnya adalah pembimbingan
untuk pengembangan
kompetensi guru pemula. Pada pembimbingan ini diperlukan penilaian pembimbingan
untuk mengetahui sub kompetensi yang sudah memenuhi standar dan yang belum dicapai.
Kompetensi yang dicapai belum standar ini perlu dibimbing terus
menerus hingga mencapai standar.
Pembimbingan Tahap 1 dilaksanakan pada bulan
ke 2 (dua) sampai dengan bulan ke 9 (Sembilan) oleh pembimbing yang telah
ditunjuk oleh kepala sekolah. Pembimbingan tahap 1 bertujuan untuk membimbing
guru pemula dalam proses pembelajaran secara bertahap dengan memberikan
motivasi, arahan dan umpan balik untuk pengembangan kompetensi guru dalam
melaksanakan tugas dan menjalankan fungsinya dalam proses pembelajaran.
Pada bulan kedua, guru pemula bersama pembimbing
menyusun: (1) Rencana Pengembangan Keprofesian (RPK) untuk tahun pertama masa
induksi, (2) Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan digunakan
pada pertemuan minggu-minggu pertama.
Pembimbingan yang diberikan kepada guru pemula
meliputi proses pembelajarandan pelaksanaan tugas lain yang terkait
dengantugasnyasebagai guru,seperti pembina ekstrakurikuler.
Pembimbingan proses pembelajaran meliputi
penyusunan perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran; membimbing dan melatih
siswa; dan melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan
pokoksesuai dengan beban
kerja
guru.
Proses
pembimbingan ini bertujuan untuk
mengembangkan kompetensi
pedagogik
dan kompetensi professional.
Pembimbingan
proses pembelajaran dapat
dilakukan dengan
cara (1) memberi motivasi
dan arahan tentang penyusunan perencanaan pembelajaran
dan pelaksanaan
pembelajaran
dan penilaian
hasil belajar siswa (2)
memberi kesempatan
kepada guru pemula untuk
melakukan observasi pembelajaran
guru
lain,(3) melakukan observasi
untuk mengembangkan
kompetensi pedagogik dan
professional dengan menggunakan Lembar
Hasil Observasi
Pembelajaran
Pembimbingan
pelaksanaan tugas tambahan yang terkait
dengan tugasnya sebagai
guru, bertujuan
untuk
mengembangkan kompetensi kepribadian dan sosial.
Pembimbingan ini dilakukan
dengan cara
(1) melibatkan
guru pemula
dalam
kegiatan-kegiatan disekolah,
(2) memberi motivasi
dan arahan
dalam
menyusun
program
dan
pelaksanaan program pada
kegiatan
yang
menjadi tugas
tambahan
yang diemban gurupemula,(3)melakukan
observasi
untuk mengembangkan
kompetensi
kepribadian dan sosial
dengan menggunakan
LembarHasil Observasi Pembelajaran.
Setelah pembimbingan
proses
pembelajaran,dilakukan observasi
pembelajaran oleh pembimbing sekuarang-kurangnya1kali
setiap
bulan
pada masa pelaksanaan program
induksi dari bulan
ke 2sampai dengan
bulan
ke 9.
Langkah observasi pembelajaranyang
dilakukan oleh pembimbing (pembimbingan tahap 1), adalah sebagai berikut:
a.
Pra Observasi
Pembimbing bersama guru pemula
menentukan fokus observasi pembelajaran Fokus observasi maksimal lima elemen kompetensi inti dari setiap
kompetensi inti pada setiap observasi pembelajaran. Fokus observasi ditandai
dalam Lembar Hasil Observasi Pembelajaran dan
Lembar Refleksi Pembelajaran sebelum dilaksanakannya observasi.
b.
Pelaksanaan Observasi
Pada saat pelaksanaan observasi, pembimbing
mengamati kegiatan pembelajaran guru pemula dan mengisi Lembar Refleksi Pembelajaran
sesuai dengan fokus elemen kompetensi yang telah dibuat.
c.
Pasca Observasi
Kegiatan yang dilakukan pasca observasi
adalah:
1)
Guru pemula mengisi Lembar Refleksi Pembelajaran setelah pembelajaran dilaksanakan.
2)
Pembimbing dan guru pemula membahas hasil pembimbingan pada setiap tahap
dan memberikan masukan kepada guru pemula setelah observasi selesai
3)
Guru pemula dan pembimbing menandatangani Lembar Hasil Observasi
Pembelajaran. Pembimbing memberikan salinan Lembar Hasil Observasi kepada guru
pemula.
d. Penilaian
Di akhir masa program induksi, dilakukan
penilaian kinerja guru pemula. Penilaian kinerja guru pemula dilakukan
sebagaimana penilaian kinerja yang diterapkan terhadap guru lain (senior) pada
setiap tahun, dengan menggunakan Lembar Hasil Observasi Pembelajaran. Hasil
penilaian kinerja pada akhir program induksi ditentukan berdasarkan kesepakatan
antara pembimbing, kepala sekolah dan pengawas dengan mengacu pada prinsip
professional, jujur, adil, terbuka, akuntabel, dan demokratis.Peserta Program
Induksi dinyatakan berhasil,jika
semua
elemen kompetensi
pada penilaiantahap ke dua
paling
kurang
memiliki
kriteria nilai dengan
kategori Baik. Penilaian guru pemula merupakan penilaian kinerja berdasarkanelemenkompetensiguru: kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian,kompetensisosialdankompetensi profesional.Keempat kompetensi
tersebut
dapat dinilai
melalui observasi pembelajaran/bimbingan dan konseling
serta observasi pelaksanaan tugas lain yang
relevan. Empat belas elemen kompetensi yang dinilai
dalam Penilaian Kinerja Guru Pemula:
1)
Kompetensi pedagogik
·
Memahami latar belakang siswa
·
Memahami teori belajar
·
Pengembangan kurikulum
· Aktivitas pengembangan pendidikan
· Peningkatan potensi siswa
· Komunikasi dengan siswa
· Assessmen & evaluasi
2)
Kompetensi kepribadian
· Berperilaku sesuai dengan norma, kebiasaan
dan hukum di Indonesia
· Kepribadian matang dan stabil
· Memiliki etika kerja dan komitmen serta
kebanggaan
menjadi guru
3)
Kompetensi sosial
· Berperilaku inklusif, objektif,
dan tidak pilih kasih
· Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah,orang
tua, dan masyarakat
4)
Kompetensi profesional
· Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur,
isi dan standard kompetensi mata pelajaran dan tahap-tahap pengajaran
· Profesionalisme yang meningkat melalui
refleksi diri
e.
Pelaporan
Penyusunan laporan hasil pembimbingan tahap 1 dilaksanakan pada bulan ke 9
setelah pembimbingan tahap 1 selesai dilakukan, dengan prosedur sebagai berikut
:
· Pembuatan draflaporan hasil pembimbingan yang didiskusikan
dengan kepala sekolah.
· Penentuan keputusan pada laporan hasil pembimbingan guru
pemula dengan mempertimbangkan hasil observasi bimbingan dan tugas lain yang
relevan, yang selanjutnya guru pemula dinyatakan memiliki nilai kinerja dengan
kategori Baik.
·
Penandatangan
laporan hasil pembimbingan oleh Pembimbing.
BAB
IV
PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN OLEH KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS
A. Tahap
Persiapan Pembimbingan
Pembimbingan
guru
pemula meliputi
bimbingan
dalam perencanaan pembelajaran pelaksanaan kegiatan
pembelajaran,
penilaian
dan
evaluasi
hasil pembelajaran perbaikan
danpengayaan dengan
memanfaatkan
hasil penilaian
dan
evaluasi
pembelajarandan
pelaksanaan
tugas
lain yang relevan. Untuk kelancaran pembimbingan tahap 2,
pembimbing mempersiapkan dokumen – dokumen yang mendukung dalam tahap pembimbingan
PIGP Tahap 2.Dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan meliputi:
1.
Silabus
2.
RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3.
Program
Tahunan
4.
Program
Semester
5.
Pelaksanaan
proses pembelajaran
6.
Penilaian
hasil pembelajaran
7.
Pengawasan
proses pembelajaran
B.
Tahap Pembimbingan
Pembimbingan guru pemula meliputi
bimbingan
perencanaan
pembelajaran
pelaksanaan kegiatan
pembelajaran,
penilaian
dan
evaluasi
hasil pembelajaran perbaikan
dan pengayaan dengan
memanfaatkan
hasilpenilaian
dan
evaluasi
pembelajaran dan
pelaksanaan
tugas
lain yang relevan. Pembimbingan terdiri dari pembimbingan yang
dilaksanakan pada Penilaian Tahap 1 dan Tahap 2.
C.
Pembimbingan Tahap 2
Pembimbingan Tahap 2 dilaksanakan pada bulan ke-10
(sepuluh) dan ke-11 (sebelas) oleh kepala Sekolahdan pengawas sekolah dengan
tujuan melakukan penilaian kinerja guru pemula. Pembimbingan tahap dua
dilaksanakan pada bulan ke – 10 sampai dengan bulan ke -11, berupa observasi pembelajaran
diikuti dengan ulasan dan masukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah,
yang mengarah pada peningkatan kompetensi dalam pembelajaran. Observasi
pembelajaran yang dilakukan pada pembimbingan tahap 2 (dua) dilaksanakan paling
kurang 3 (tiga) kali oleh kepala sekolah dan 2 (dua) kali oleh pengawas sekolah. Obesrvasi pembelajaran
dalam pembimbingan tahap ke dua yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas
sekolah disarankan untuktidak dilakukan secara bersamaan dengan mepertimbangkan
agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Apabila kepala sekolah dan pengawas
sekolah menemukan adanya kelemahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran oleh
guru pemula maka kepala sekolah dan pengawas sekolah wajib memberikan umpan
balik dan saran perbaikan kepada guru pemula.
a.
Pra Observasi
Kepala sekolah atau pengawas sekolah bersama guru pemula menentukan dan membuat fokus observasi pembelajaran yang meliputi paling banyak lima sub-kompetensi sebagaimana yang
tertulis dalam lembar hasil observasi
pembelajaran yang diisi oleh sekolah atau pengawas sekolah
dan lembar refleksi pembelajaran yang
diisi oleh guru pemula.
b.
Pelaksanaan
Observasi
Pada saat pelaksanaan observasi, kepala sekolah atau pengawas sekolah mengamati
kegiatan pembelajaran guru pemula dan mengisi Lembar Hasil Observasi
Pembelajaran secara obyektif dengen memberikan nilai pada saat pelaksanaan
observasi dilakukan.
c. Pasca Observasi
Kegiatan yang dilakukan pasca observasi adalah :
1. Guru pemula mengisi Lembar Refleksi
Pembelajaran setelah pembelajaran dilaksanakan.
2. Kepala sekolah atau pengawas sekolah dan
guru pemula mendiskusikan hasil penilaian pada setiap tahap pembelajaran.
3. Kepala sekolah atau pengawas sekolah
memberikan masukan kepada guru pemula setelah observasi selesai.
4. Guru pemula dan kepala sekolah atau
pengawas sekolah menandatangani Lembar Hasil Observasi Pembelajaran. Kepala
sekolah memberikan salinan Lembar Hasil Observasi kepada guru pemula.
d. Penilaian
Penilaian kinerja guru pemula dilakukan pada akhir
masa program induksi. Penilaian kinerja guru pemula dilakukan sebagaimana
penilaian kinerja yang diterapkan terhadap guru lain (senior) pada setiap
tahun, dengan menggunakan Lembar Hasil Observasi Pembelajaran. Hasil penilaian
kinerja pada akhir program induksi ditentukan berdasarkan kesepakatan antara
pembimbing , kepala sekolah dan pengawas sekolah dengan mengacu pada prinsip
profesional, jujur, adil, terbuka, akuntabel, dan demokratis. Peserta PIGP
dinyatakan berhasil, jika semua elemen komptensi pada penilaian tahap kedua
paling kurang memiliki kriteria nilai dengan kategori Baik. Penilaian guru
pemula merupakan kinerja berdasarkan
elemen kompetensi guru: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi tersebut dapat
dinilai melalui observasi pembelajaran serta observasi pelaksanaan tugas lain
yang relevan.
e.
Pelaporan
Penyusunan laporan dilaksanakan pada bulan ke – 11
setelah penilaian tahap ke dua, dengan
prosedur sebagai berikut :
1)
Pembuatan Draft Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru
Pemula oleh kepala sekolah yang didiskusikan dengan pembimbing dan pengawas.
2)
Penentuan Keputusan pada Laporan Hasil Penilaian
Kinerja Guru Pemula berdasarkan pengkajian penilaian tahap kedua dengan
mempertimbangkan penilaian tahap pertama, yang selanjutnya guru pemula
dinyatakan memiliki Nilai Kinerja dengan
Kategori Baik.
3)
Penandatanganan Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru
Pemula oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah.
4)
Pengajuan penerbitan Sertifikat oleh kepala sekolah
kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten bagi guru pemula yang telah mencapai
Nilai Kinerja dengan nilai minimal berkategori Baik.
HASIL PENILAIAN GURU
Penilaian kinerja dilakukan dengan menggunakan
Lembar Penilaian Kinerja bagi Guru.Skor hasil penilaian selanjutnya dikonversi
ke rentang 0-100, sebagai berikut:
Hasil skor akhir selanjutnya dimasukkan dalam kriteria nilai sebagai
berikut:
90 – 100
|
Amat Baik
|
76 – 90
|
Baik
|
61 – 75
|
Cukup
|
51 – 60
|
Sedang
|
< 50
|
Kurang
|
Hasil penilaian dari
Guru Pembimbing, Kepala Sekolah, dan Pengawas sekolah terlampir pada laporan
ini. Dengan bimbingan dari guru pembimbing dan
dari hasil penilaian yang dilakukan oleh pembimbing dan dilanjutkan penilaian
oleh kepala sekolah dan pengawas dapat dilihat bahwa guru peserta Induksi
mengalami peningkatan kinerja baik dari segi pedagogik, kepribadian, social maupun
profesionalisme.
BAB VI
PENUTUP
Pendidikan sangat penting bagi
perkembangan hidup manusia dan untuk menciptakan masa depan yang baik lagi. Sehingga
pembelajaran dalam pendidikan harus dibenahi, pembelajaran yang harus merupakan
perbaduan aktivitas belajar dan mengajar
yang memiliki tujuan yang baik yaitu mengubah perilaku seseorang ke arah lebih
baik guna untuk masa depan yang sukses. Dalam pendidikan ada banyak faktor yang
terlibat dalam pembelajaran. Misalnya saja di sekolah ada guru, siswa,
fasilitas, yang telah tersediakan, program dan tujuan, rencana, kurikulum dan
yang lainnya.
Seorang Pengajar yang baik harus
mempunyai 4 kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan
profesionalisme. Dengan adanya Program Induksi Guru Pemula (PIGP) dapat
meningkatkan 4 kompetensi tersebut bagi guru pemula.
|
mohon izin referensi, terimakasih
BalasHapussilahkan.. semoga bermanfaat.
HapusMaaf ada file doc-nya gak yah?
BalasHapusMaaf file hilang karena flasdishnya hilang.
HapusMantap๐๐๐
BalasHapusTerima kasih.
HapusMantap๐๐๐
BalasHapus