RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
Sekolah
|
: SDN NUSA 02
|
Tema/ Subtema/ PB
|
: 8 / 1 / 3
|
Kelas/ Semester
|
: III / 2
|
Alokasi waktu
|
: 1 Pertemuan (6x35 menit)
|
A. Tujuan
Pembelajaran
B.Ind
3.9.1. Mengindentifikasi arti lagu Garuda Pancasila
dengan benar.
4.9.1. Menceritakan
kembali informasi terkait lambang negara dengan benar.
Matematika
3.8.1. Menjelaskan arti sudut dengan benar
4.8.1. Menentukan sudut melalui gambar atau menggunakan benda konkret dengan
benar.
SBdP
3.2.1. Menunjukkan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu
berbentuk ABA’ dengan benar
4.2.1. Memeragakan pola irama dengan variasi
pola irama yang sama, mirip, dan berbeda melalui menyuarakan atau memainkannya
dengan benar.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Salam,
presensi dan berdoa
2. Menyanyikan
lagu Nasional, kegiatan literasi
3. Menyampaikan
tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan
4. Tanya
jawab tentang pembelajaran lalu dan mengkaitkan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
20 menit
|
Inti
|
5. Siswa membaca teks Mengenal arti Lagu
Garuda Pancasila
6. Siswa berdiskusi tentang arti Garuda
Pancasila
7. Siswa
mengamati mengamati
dan mengenal arti sudut dari gambar baris berbaris
8. Siswa mengidentifikasi sudut yang
dimiliki benda-benda di sekitar kelas.
9. Siswa mengidentifikasi pola irama
ABA dengan tepuk tangan pada lagu “siapa dapat berbaris”
10. Siswa berlatih menemukan pola irama
ABA pada lagu lain.
|
180 menit
|
Penutup
|
11. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui/ dipahami siswa
12. Siswa
bersama guru membuat simpulan pembelajaran pada pertemuan hari ini
13. Refleksi pembelajaran
14. Evaluasi
dan tindak lanjut( PR)
15. Menyayikan
lagu daerah
16. Berdoa
dan salam
|
10 menit
|
C. Penilaian
No
|
Jenis
Penilaian
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1
|
Sikap
|
Observasi
|
Jurnal sikap
|
Buku jurnal sikap
|
2
|
Pengetahuan
|
Tulis
|
Butir soal, Kunci jawaban,
pedoman penilaian
|
Lembar Evaluasi
|
3
|
Keterampilan
|
B.Ind : Unjuk kerja
Matematika: Produk
SBdP : Unjuk Kerja
|
Rubrik Penilaian
|
Buku Siswa hal.17
Buku Siswa hal. 18-19
Buku Siswa hal. 20
|
Mengetahui, Bergaskidul,
24 April 2020
Kepala SDN NUSA 02 Guru
Kelas III
______________________ ______________________
NIP .................................. NIP .................................
~Semangat Belajar~
😉
Silahkan buka artikel lainnya:
Mengenal Pararaf
Mengenal Pancasila Materi Kelas 3 SD
Dongeng Banteng Buaya dan Kancil
Unsur Cerita Materi Kelas 3 SD
Mengenal Punakawan
Mengenal Sudut Materi Kelas 3 SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar