Minggu, 26 April 2020

Contoh RPP Pembelajaran Jarak Jauh PJJ


 
PELAPORAN TUGAS GURU
KELAS 3
1.       JADWAL  PJJ
NO
HARI/TGL
TEMA
1.
Senin, 20 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. JAWA
2.
Selasa, 21 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)
PJOK
3.
Rabu, 22 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. INGGRIS

4.
Kamis, 23 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)
PAI

2.       PERENCANAAN
NO
HARI/TGL
MAPEL
MATERI
1.
Senin, 20 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. JAWA
Sahabat Pelangi : Kue Bolu

Aksara Jawa
2.
Selasa, 21 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)
PJOK
Khan Academy: Mengukur Panjang

Kebersihan Tubuh
3.
Rabu, 22 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. INGGRIS

Sahabat Pelangi : Puisi Nisa Juara

Story Telling
4.
Kamis, 23 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)
PAI
Matematika: Perkalian dan Pembegian

Surat Atakatsur


3.       METODE
NO
HARI/TGL
MAPEL
MATERI
METODE
1.
Senin, 20 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. JAWA
Sahabat Pelangi : Kue Bolu

Aksara Jawa
Daring
2.
Selasa, 21 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)
PJOK
Khan Academy: Mengukur Panjang

Kebersihan Tubuh
Daring
3.
Rabu, 22 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. INGGRIS

Sahabat Pelangi : Puisi Nisa Juara

Story Telling
Daring
4.
Kamis, 23 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)
PAI
Matematika: Perkalian dan Pembegian

Surat Atakatsur
Daring

4.       EVALUASI
NO
HARI/TGL
MAPEL
MATERI
EVALUASI
1.
Senin, 20 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. JAWA
Sahabat Pelangi : Kue Bolu

Aksara Jawa
Mengamati video dan menjawab pertanyaan.
Menulis bunyi aksara jawa
2.
Selasa, 21 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)

PJOK
Khan Academy: Mengukur Panjang

Kebersihan Tubuh
Latihan berhitung bilangan cacah

Membuat foto kegiatan anak memotng kuku
3.
Rabu, 22 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)

B. INGGRIS

Sahabat Pelangi : Puisi Nisa Juara

Story Telling
Menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatan video.

Menyalin teks cerita dalam Bahasa inggris
4.
Kamis, 23 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)


PAI
Matematika: Perkalian dan Pembegian


Surat Atakatsur
Menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatan video.

Menulis surat Attakatsur beserta artinya.



5.       FEEDBACK
NO
HARI/TGL
MAPEL
MATERI
FEEDBACK
1.
Senin, 20 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. JAWA
Sahabat Pelangi : Kue Bolu

Aksara Jawa
Anak mendapatkan pujian dan nilai dari hasil pekerjaannya.
2.
Selasa, 21 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)

PJOK
Khan Academy: Mengukur Panjang

Kebersihan Tubuh
Anak mendapatkan pujian dan nilai dari hasil pekerjaannya.
3.
Rabu, 22 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)

B. INGGRIS

Sahabat Pelangi : Puisi Nisa Juara

Story Telling
Anak mendapatkan pujian dan nilai dari hasil pekerjaannya.
4.
Kamis, 23 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)
PAI
Matematika: Perkalian dan Pembegian

Surat Atakatsur
Anak mendapatkan pujian dan nilai dari hasil pekerjaannya.

6.       PEMBERIAN TUGAS
NO
HARI/TGL
MAPEL
MATERI
TUGAS
BUKTI
(FOTO, VIDEO, LINK, DLL)
1.
Senin, 20 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)



B. JAWA
Sahabat Pelangi : Kue Bolu


Aksara Jawa
Mengamati video dan menjawab pertanyaan.

Menulis bunyi aksara jawa


2.
Selasa, 21 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)





PJOK
Khan Academy: Mengukur Panjang



Kebersihan Tubuh
Latihan berhitung bilangan cacah




Membuat foto kegiatan anak memotng kuku




Dikirimke Guru PJOK

3.
Rabu, 22 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)






B. INGGRIS

Sahabat Pelangi : Puisi Nisa Juara




Story Telling
Menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatan video.



Menyalin teks cerita dalam Bahasa inggris

 



Dikirimke Guru B. Inggris
4.
Kamis, 23 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)






PAI
Matematika: Perkalian dan Pembegian




Surat Atakatsur
Menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatan video.



Menulis surat Attakatsur beserta artinya.




Dikirimke Guru PAI


7.       BIMBINGAN PJJ
NO
HARI/TGL
MAPEL
TEMA 7
BIMBINGAN
1.
Senin, 20 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)
B. JAWA
Sahabat Pelangi : Kue Bolu

Aksara Jawa
Inidividual
Bimbingan  orangtua
2.
Selasa, 21 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)

PJOK
Khan Academy: Mengukur Panjang

Kebersihan Tubuh
Inidividual
Bimbingan  orangtua

3.
Rabu, 22 April 2020
B. INDONESIA (TVRI)

B. INGGRIS

Sahabat Pelangi : Puisi Nisa Juara

Story Telling
Inidividual
Bimbingan  orangtua
4.
Kamis, 23 April 2020
MATEMATIKA (TVRI)


PAI
Matematika: Perkalian dan Pembegian


Surat Atakatsur
Inidividual
Bimbingan  orangtua



                                                                       ~Semangat Belajar~
                                                             ðŸ˜‰                                                       
















Sabtu, 25 April 2020

CONTOH RPP 1 LEMBAR KELAS 3 SD SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK

Sekolah
:  SDN NUSA 02
Tema/ Subtema/ PB
: 81 / 3
Kelas/ Semester
:  III2
Alokasi waktu
: 1 Pertemuan (6x35 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran
B.Ind
3.9.1. Mengindentifikasi arti lagu Garuda Pancasila dengan benar.
4.9.1. Menceritakan kembali informasi terkait lambang negara dengan benar.          
Matematika
3.8.1. Menjelaskan arti sudut dengan benar
4.8.1. Menentukan sudut melalui gambar atau menggunakan benda konkret dengan benar.
SBdP
3.2.1. Menunjukkan variasi pola irama  yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu berbentuk ABA’ dengan benar
4.2.1. Memeragakan pola irama dengan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar.

B.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Salam, presensi dan berdoa
2.       Menyanyikan lagu Nasional, kegiatan literasi
3.       Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan
4.       Tanya jawab tentang pembelajaran lalu dan mengkaitkan pembelajaran yang akan dilaksanakan
20 menit
Inti
5.       Siswa membaca teks Mengenal arti Lagu Garuda Pancasila
6.       Siswa berdiskusi tentang arti Garuda Pancasila
7.       Siswa mengamati mengamati dan mengenal arti sudut dari gambar baris berbaris 
8.       Siswa mengidentifikasi sudut yang dimiliki benda-benda di sekitar kelas.
9.       Siswa mengidentifikasi pola irama ABA dengan tepuk tangan pada lagu “siapa dapat berbaris”
10.   Siswa berlatih menemukan pola irama ABA pada lagu lain.
180 menit
Penutup
11.   Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui/ dipahami siswa
12.   Siswa bersama guru membuat simpulan pembelajaran pada pertemuan hari ini
13.   Refleksi pembelajaran
14.   Evaluasi dan tindak lanjut( PR)
15.   Menyayikan lagu daerah
16.   Berdoa dan salam
10 menit

C.     Penilaian
No
Jenis Penilaian
Teknik
Instrumen
Keterangan
1
Sikap
Observasi
Jurnal sikap
Buku jurnal sikap
2
Pengetahuan
Tulis
Butir soal, Kunci jawaban, pedoman penilaian
Lembar Evaluasi
3
Keterampilan
B.Ind : Unjuk kerja
Matematika: Produk
SBdP : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian
Buku Siswa hal.17
Buku Siswa hal. 18-19
Buku Siswa hal. 20


Mengetahui,                                                                             Bergaskidul, 24 April 2020
Kepala SDN NUSA 02                                                            Guru Kelas III


______________________                                                      ______________________
NIP ..................................                                                        NIP .................................







~Semangat Belajar~
😉


Silahkan buka artikel lainnya:

Kamis, 09 April 2020

CONTOH RPP 1 LEMBAR KELAS 4 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK

Sekolah
:  SDN Nusa 02
Tema/ Subtema/ PB
: 6 / 3 / 6
Kelas/ Semester
:  IV / 2
Alokasi waktu
: 1 Pertemuan (6x35 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran
B.Ind
3.6.1 Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu menuliskan makna puisi dalam bentuk paragraph dengan benar.
4.6.1 Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
SBdP
3.4.1 Melalui penjelasan guru, siswa mampu memahami cara membuat mozaik dengan benar
4.4.1 Melalui kegiatan membuat mozaik, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
B.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Salam, presensi dan berdoa
2.    Menyanyikan lagu Nasional, kegiatan literasi
3.    Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan
4.    Tanya jawab tentang pembelajaran lalu dan mengkaitkan pembelajaran yang akan dilaksanakan
20 menit
Inti
1.       Siswa membaca puisi yang telah dipilih dan menuliskan makna puisi dalam bentuk paragraf
2.       Siswa berlatih mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.       Siswa mengamati penjelasan guru tentang mozaik dan cara membuat mozaik dengan benar 
4.       Siswa membuat karya mozaik dengan tehnik yang benar dan sesuai contoh
180 menit
Penutup
1.       Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui/ dipahami siswa
2.       Siswa bersama guru membuat simpulan pembelajaran pada pertemuan hari ini
3.       Refleksi pembelajaran
4.       Evaluasi dan tindak lanjut( PR)
5.       Menyayikan lagu daerah
6.       Berdoa dan salam
10 menit

C.     Penilaian
No
Jenis Penilaian
Teknik
Instrumen
Keterangan
1
Sikap
Observasi
Jurnal sikap
Buku jurnal sikap
2
Pengetahuan
Tulis
Butir soal, Kunci jawaban, pedoman penilaian
Lembar Evaluasi
3
Keterampilan
B.Ind : Unjuk kerja

SBdP : Produk
Rubrik Penilaian
Buku Siswa hal.147
Buku Siswa hal. 148



Mengetahui,                                                                             Bergaskidul, 10 Februari 2020
Kepala SDN Nusa 02                                                              Guru Kelas IV



_________________                                                               __________________
NIP  .......................                                                                  NIP ..............................






~Semangat Belajar~
😉